Kamis, 23 Februari 2012

Grafika Komputer (DDA)

berikut ini akan saya berikan contoh mudah menyelesaikan algoritma DDA:

dengan drawline (2,2,6,5); (x1,y1)(x2,y2)
Algo DDA:

1. Menentukan titik awal dan titik akhir

x1 = 2
y1 = 2
x2 = 6
y2 = 5

2. Tentukan dx

dx = x2 - x1 = 4
dy = y2 - y1 = 3

3. Tentukan step (looping)
 nilai dx atau dy yang lebih besar = dx = 4 = step

4. Delta X = dx/step = 4/4 = 1
    Delta Y = dy/step = 3/4 = 0.75

5. Lakukan looping sebanyak step untuk menghitung titik yang akan dilalui oleh garis :

x = x + delta_x
y = y + delta_y

step = 4
  • step 1 =>  
x = x + delta_x
   = 2 +1 = 3
y = y + delta_y
   = 2 + 0.75 = 2.75
  • step 2 =>  
x = x + delta_x

   = 3 +1 = 4
y = y + delta_y
   = 2.75 + 0.75 = 3.5

  • step 3 =>
x = x + delta_x

   = 4 + 1 = 5

y = y + delta_y
   = 3.5 + 0.75 = 4.25
  • step 4 =>
x = x + delta_x

   = 5 +1 = 6

y = y + delta_y
   = 4.25 + 0.75 = 5

x,y (6,5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar