Selasa, 20 Maret 2012

JAVA - Alur Program


ALUR PROGRAM
Ada 2 macam control alur yang digunakan dalam pemograman Java, yaitu pengkondisian dan looping.
Pengkondisian merupakan suatu pengaturan alur program yang menggunakan booleaan sebagai patokan. Sedangkan looping merupakan perulangan blok kode program berdasarkan kondisi yang ditentukan.
A.      A. Pengkondisian dengan IF
Pengkondisian yang menggunakan if dari ekspresi tertentu akan menghasilkan suatu nilai Boolean. Apabila Boolean bernilai true maka pernyataan akan dijalankan.
Sintaks:
If(<ekspresi Boolean>)
{
<pernyataan>
}

Listing Program AlurIf.java
Click HERE
Berikut merupakan flowchart alur program AlurIf.java yang menggunakan penkondisian if :

B.      Pengkondisian dengan IF dan ELSE
Pada pengkondisian ini selain  menggunakan if  juga menggunakan else yang menyebutkan secara eksplisit blok pernyataan yang dijalankan apabila ekspresi Boolean dari if bernilai false.
Sintaks:
If(<ekspresi Boolean>)
{
<pernyataan>
}
Else
{
<pernyataan>
}
Pernyataan pada blok if sebelum else akan dijalankan apabila ekspresi Boolean bernilai true, sedangkan apabila ekspresi boolean bernilai false maka blok pernyataan setelah else yang akan dijalankan.
Listing Program AlurIfElse.java
Click HERE
 
C.      Pengkondisian dengan IF .. ELSE IF..
Pengkondisian yang melakukan pengecekan nilai Boolean sebanyak tiga kali atau lebih , dengan sintaks:
If(<ekspresi Boolean>)
{
<pernyataan>
}
else if (<ekspresi Boolean>)
{
<pernyataan>
}
Else
{
<pernyataan>
}
·         Membaca input keyboard dengan kotak dialog
Dengan menggunakan JOptionPane.
Contoh penggunaan:
String inputnilai = JOptionPane.showInputDialog(“berapakah nilai anda”);
Karena JOptionPane merupakan bagian dari package javax.swing maka pada awal program harus ditambahkan import javax.swing.”; kemudian perlu menambahkan kode int nilai = Integer.parseInt(inputnilai);
JOptionPane menerima input berupa String yang disimpan dalam variabel inputnilai. Oleh karena itu kita perlu mengkonversi nilai String menjadi integer dengan Integer.parseInt (String yang dikonversi).
Listing program AlurIfElseIf.java
Click HERE  
Penjelasan dari listing program di atas:
AlurIfElseIf.java  merupakan pengembangan dari AlurIfElse.java dimana terdapat kasus untuk menentukan grade dari nilai yang diinputkan.
Seperti dalam table berikut:
 

D.      Pengkondisian dengan SWITCH
Switch digunakan untuk memilih dari banyak pilihan dimana dari masing-masing pilihan akan menghasilkan pernyataan atau aksi yang berlainan sesuai pilihan yang dilakukan.
Type integer yang biasa digunakan dalam switch adalah byte, short,char, dan int.
Sintaks penggunaan switch:
Switch(<ekspresiinteger>)
{
case <nilaivariabel>: <blok pernyataan> break;
case <nilaivariabel>: <blok pernyataan> break;
case <nilaivariabel>: <blok pernyataan> break;
default: <blok pernyataan> break;
}

Listing program AlurSwitch.java
Click HERE

Perbedaan antara if else if dan switch adalah if else if menentukan alur berdasarkan ekspresi Boolean, sedangkan switch menentukan alur berdasarkan nilai variabel bilangan integer.
 
E.      Operator ternary IF-ELSE
Operator ini merupakan bentuk singkat dari if else sehingga bisa disebut quick if.

Sintaks:
(<ekspresi Boolean>)?<ekspresi bila benar> : <ekspresi bila salah>

Kelebihan penggunaan operator ini adalah efisiensi dan lebih singkat dibandingkan if else biasa

Listing program Ternary.java
Click HERE

Program di atas akan menampilkan teks angka yang anda masukkan lebih dari 100 apabila angka yang anda masukkan lebih dari 100 dan menampilkan teks angka yang anda masukkan kurang atau sama dengan 100 bila angka yang dimasukkan kurang atau sama dengan 100.

F.      LOOPING
Looping berarti kita dapat menjalankan sebuah pernyataan atau blok pernyataan berulang-ulang. Kebutuhan untuk perulangan blok kode hamper pasti ada di setiap program.

G.      FOR
Looping dapat dilakukan dengan pernyataan for.
Sintaks:
For (inisialisasi; ekspresi Boolean; step)
{
<pernyataan>
}

Listing program for1.java
Click HERE

Program di atas akan menampilkan hasil di konsol :
Jumlah=465
Pernyataan jumlah+=I; akan dijalankan selama 30 kali dimulai dari i=1 yang kemudian nilai I naik sebesar satu setiap perulangan sehingga nilai 1 mencapai 30 dan perulangan berhenti.

H.      WHILE
Selain for anda juga dapat menggunakan while untuk melakukan perulangan. Perulangan akan terus berjalan selama ekspresi Boolean bernilai benar/true.
Sintaks:
While (ekspresi Boolean)
{
Pernyataan
}

Listing program While.java
Click HERE

Program di atas bila dijalankan akan menghasilkan angka-angka random yang kemudian ditampilkan  di konsol, perulangan akan terus terjadi selama bilangan yang dihasilkan masih lebih kecil dari 0.99

I.       DO-WHILE
Do-while memiliki urutan yang terbalik dengan while dan memiliki perbedaan utama yaitu bahwa pada do-while pernyataan dijalankan terlebih dahulu minimal satu kali sedangkan pada while memungkinkan pernyataan sama sekali tidak dijalankan apabila kondisi Boolean pada saat pertama kali sudah salah.
Sintaks:
Do
{
<pernyataan>
}
While (ekspresi Boolean);

Listing program While1.java
Click HERE


J.       Menggunakan BREAK pada LOOPING
Sesekali kita perlu menghentikan pengulangan pada saat kondisi tertentu. Kita dapat menggunakan break untuk melakukan hal tersebut. Baik while maupun for dapat menggunakan break untuk menghentikan perulangan.

Listing program Break.java
Click HERE

Program di atas dengan for melakukan perulangan sebanyak 10 kali yang menampilkan bilangan random yang dihasilkan. Bilangan random yang dihasilkan dibatasi dengan nilai maksimum 20. Dan apabila bilangan random yang dihasilkan kurang dari 10 perulangan akan terhenti.

K.     Menggunakan CONTINUE
Selain break, pada perulangan kita dapat menggunakan continue, di mana continue akan melanjutkan proses perulangan berikutnya tanpa menjalankan statement sesudahnya. Keyword continue dapat digunakan baik pada perulangan for maupun while.

Listing program Continue.java
Click HERE

Apabila anda jalankan dan perhatikan outputnya di konsol anda akan mendapati setiap bilangan random yang kurang dari 10 tidak akan ditampilkan dalam arti pernyataan System.out.println(“bilangan random:”+bilrandom); tidak dijalankan dan continue melanjutkan pada perulangan berikutnya.

L.      Menggunakan Label pada LOOPING
Penggunaan break maupun continue dapat dikombinasikan dengan label di mana fungsionalitas semacam ini hampir serupa dengan goto di pemograman BASIC.
Cara pemberian label adalah mudah. Anda hanya perlu menempatkannya sebelum perulangan/looping dimulai, berikan sesuatu nama kemudian ikuti dengan tanda titik dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar