Kamis, 01 Desember 2011

MEMAHAMI JAVA




Di awal perkenalan kita akan mempelajari dasar-dasar dari Java, atau bisa disebut konsep Java.
Sebelum mengenal lebih jauh mengenai Java, akan lebih baik kita mengenal dasar-dasarnya.

Berikut adalah hal-hal yang akan kita pelajari dari bahasa pemograman Java:

1.       Apakah Java itu sebenarnya?
2.       Bagaimana asal mulanya Java itu?
3.       Apakah kelebihan Java sehingga dunia software sekarang sering membicarakannya?
4.       Apakah karakteristik Java?

APAKAH JAVA ITU SEBENARNYA?
“Java merupakan suatu teknologi di dunia software computer. Selain merupakan bahasa pemograman, Java juga merupakan suatu platform.”
“Java merupakan teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemograman yang memiliki sintaks dan aturan pemograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemograman Java”.
ASAL MULA  JAVA
Java diciptakan oleh suatu tim yg dipimpin oleh Patrick Nauggton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Mycrosystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa computer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu.
Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemograman yang dihasilkannya dengan OAK, tetapi karena OAK sendiri  merupakan nama dari bahasa pemograman computer yang sudah ada maka kemudian Sun mengubahnya menjadi Java.
Akhirnya setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan dibrowser Netscape  sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang  hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang mengandung banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portable
Pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diwakili dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java menjadi cepat popular di lingkungan server side.
Hingga terakhir Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.
KELEBIHAN JAVA
Java memiliki kelebihan yang unik dan revolusiner serta merupakan teknologi pertaman di dunia software yg memiliki semboyan “write once, run anywhere”. Smboyan ini terbukti karena telah dijalankan di berbagai platform system operasi seperti Linux, Windows, maupun Unix.
Adapun kemampuannya:
·         Java memiliki garbage collection yang mencegah adanya memory leak. Memory leak adalah masalah yang sering dihadapi programmer C dan C++.
·         Java memiliki array yang tidak memerlukan pointer.
·         Java menghilangkan banyak kebingungan apabila terjadi proses assignment (pemberian nilai)
·         Java menghilangkan multiple inheritance pada C++ dan menggunakan interface yang memiliki kemampuan yang sama tetapi lebih sederhana.
KARAKTERISTIK JAVA
·         Sederhana
·         Beriorientasi objek
·         Dapat didistribusikan dengan mudah
·         Aman
·         Diinterpretasi oleh interpreter
·         Portable
·         Multithreading
·         Dinamis
·         Netral terhadap arsitektur hardware
·         Robust
Sumber:  buku Dasar Pemograman Berorientasi Objek Dengan JAVA 2 (JDK 1.4)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar